KURVA.CO.ID – Setiap hari bekerja untuk bertahan hidup. Berusaha memberi makan keluarga, menjalankan tuntutan orang tua dan masyarakat, dipaksa mengikuti kebijakan pemerintah yang sering sulit dicerna akal sehat. Mengalamu lika-liku kehidupan di Indonesia, apakah kamu bahagia tinggal di sini?

Badan Pusat Statistik telah merilis daftar Indeks Kebahagiaan tahun 2021. Kebahagiaan masyarakat diukur melalui 3 aspek di antaranya:
1. Kepuasan hidup
2. Perasaan
3. Makna hidup

Berdasarkan 3 aspek di atas, Provinsi Banten memperoleh skor 68,08 menjadi provinsi dengan tingkat kebahagiaan yang rendah.

Padahal, meskipun belum sepenuhnya merata, tapi Banten sudah termasuk kota metropolitan. Wilayahnya juga luas. Banyak pabrik-pabrik besar penggerak ekonomi. Namun masyarakatnya masih kurang bahagia. Bahkan berada paling rendah diantara provinsi di Indonesia.

Masih dari data BPS, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai alasan mengapa masyarakatnya kurang bahagia.

Maluku Utara Menempati Skor Paling Bahagia

Maluku Utara terpilih menjadi provinsi paling bahagia dengan skor 76.34. Berdasarkan data BPS pula, nggak ada penjelasan lebih lanjut mengapa masyarakat Maluku Utara dianggap bahagia dan memiliki tingkat kepuasan yang tinggi serta makna hidup yang berarti.

Buat kamu yang tinggal di Maluku Utara, mungkin bisa membantu menemukan jawaban. Apakah kamu bahagia? Dan apa yang membuat kamu bahagia? (Wie/Bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *